Discover fascinating and informative short stories on our blog. From historical events to natural world facts, our random stories will captivate you. Read now and expand your knowledge in a fun and enjoyable way!

Kamis, 17 September 2009

Animasi 3D Indonesia

Kamis, September 17, 2009 Posted by Tito , , No comments

Lagi heboh ada film Animasi Full 3D Dengan Judul “Meraih Mimpi” yang ber-tag ‘buatan anak negeri”

Meraih blogMimpi di produksi IFW Infinite Frameworks Sebuah Studio Animasi yang berkantor di Batam. dulu sempet ngelamar jadi Jr. 3D tapi ga di pangil-panggil. jadi inget Kasatmata studio animasi yang juga murni anak negeri dari Jogjakarta. “Homeland” karya monumental terakhir mereka. entah kabarnya bagaimana kantor Kasatmata saat ini, apa kabar mas Kelik Wicaksono (click) dan Mas Gangstar Waskito? denger kabar mereka lagi ‘bersemedi’ menuntut ilmu.

Lebih ckasatmataenderung salut dengan kasatmata dibanding ILF. kenapa? bayangkan. tahun 2003 mereka memproduksi sebuah film panjang Full 3D animasi. Okay, lalu? dulu mereka pake komputer rumahan. dengan spesifikasi yang naujubilah buat main game aja masih kurang. dan yang pasti tidak punya Renderfarm (sekumpulan PC/server yang di hubungkan menjadi satu untuk bertugas me render animasi). note: 1 frame adegan bisa menghabiskan waktu 5 jam render 1 detik adegan = 25 frame. ILF dengan perusahaan yang banyak duitnya, pasti punya peralatan yang canggih dan 3Dartist yang banyak. KAsatmata cuma ada 5 orang. 3 Animator, 2 nya lagi  Editor.

Bagi yang homelandbelum nonton Homeland, hmm mungkin di rentalan DVD ada. saya ada kopiannya tapi dah rusak, maklum bekas kopian mereka roadshow dulu.

Tapi kenapa Homeland tidak seheboh Meraih Mimpi? pertanyaan ini gampang dijawab. Bisnis Strategicnya beda. iyah… sayang, public awarness HOMELAND jauh dari MERAIH MIMPI. HOMELAND hifwanya film sokongan dari donatur2 NGO seperti visi anak bangsa, dan hanya mampu di tayangkan lewat roadshow ke daerah-daerah. Saya cari di internet dengan harapan ada yang menyimpannya di jagat maya. 0 search found. :( it’s to bad. mudah2an DVD yang saya pegang masih bisa di RIP dan kalu bisa nanti tak uplaod di IDWS.

0 komentar:

Posting Komentar

say something....