Discover fascinating and informative short stories on our blog. From historical events to natural world facts, our random stories will captivate you. Read now and expand your knowledge in a fun and enjoyable way!

Senin, 23 April 2012

Apa itu gurah?

Senin, April 23, 2012 Posted by Tito , 2 comments
Dulu penasaran sama yang namanya gurah, dari jaman di Lampung dah cari tau, 

Pada zaman dahulu ilmu gurah dikuasai oleh para Kyai/guru mengaji untuk menggurah santri – santrinya agar suara bagus / merdu dalam membaca ayat–ayat suci Al–Qur’an dan pada masa kini diberikan pada masyarakat untuk mengobati berbagai penyakit.Gurah adalah membersihkan dan mengeluarkan lendir yang kotor, beracun dan mengandung berbagai kuman penyakit dalam tubuh.
Gurah dapat mengobati penyakit : Flu, Sinusitis, Asma, Alergi Debu / Udara Dingin, Bronkhitis, Nikotin, Membersihkan pita suara, dll.
Gurah itu proses mengeluarkan slem (dahak/lendir) yang ada di rongga hidung dan tenggorokan. Untuk membersihkan, agar nafasnya tidak sulit terutama buat yang sering pilek/sinus/mungkin juga asma. Tapi ada juga yang melakukan gurah, dengan tujuan memperindah suara. Mengenai keampuhannya, sepertinya individual sifatnya, sama jika ditanya sakit atau tidak , ada yang bilang sakit sekali, ada juga yang bilang, sakit tapi masih bisa ditolerir. Yang penting sembuh !!!Pada saat gurah, pasien diminta tidur telentang, kemudian cairan (konon berasal dari tumbuhan tertentu) dimasukkan melalui lubang hidung. Setelah beberapa saat pasien disuruh tengkurap, nah disinilah proses pengeluaran slem berlangsung, lamanya tergantung banyak tidaknya slem. Setelah selesai rasanya lega sekali, hidung yang mampet bisa lega kembali.

Kemarin akhirnya ketemu tempat gurah deket rumah, jadi saya berangkat deh... sampe sana prosesnya bigini
Jadi ada cairan Kulit Akar Srigunggu, di tetes ke lobang hidung.  rasanya persis kayak tenggelam. idung kemasukan air, panas banget. langsung ke otak.  terus kita balik badan. muka kebawah, di bawah udah ada plastik buat nampung cairan yang keluar. keluar deh tuh cairan dari idung sama mulut. kayak ingus gitu deh (ga di poto, soalnya DP -distrubing Picture) sampe 1 jam.


1 jam selese, trus pusing. dan idung malah mampet! lah? gagal kyknya.. padahal pengen gurah tujuannya biar idung ga mampet lagi. idung saya ini ga lancar, entah kenapa. tapi bukan sinus. kotor aja kayaknya. dan kemarin berharap dengan gurah keluar semua kotorannya. tapi kemarin ga ada yang keluar kotorannya.. 
jadi itu lah pengalaman saya gurah. efek samping: jadi agak pusing selama seharian, sering buang dahak. 
efek positipnya: blom ada sampai sekarang. :(


kyknya gagal. tabibnya ga meyakinkan.
ikhlasin aja, buat pengalaman. :(
harusnya niatnya gurah adalah: biar merdu klo ngaji. :p


bayarnya 100 rebu btw.

2 komentar:

  1. tampak serem. Saya dari dulu juga penasaran sama gurah. tapi gak pernah mau dan berani nyoba. soalnya kalo ngaji udah merdu sih.. #pencitraan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya gpp sih, tapi klo kamu kagetan. panikan dan ga tahan sakit. mndingan gak. awal pas di masukin itu aja yg agak gmna gtu.. serem.

      tapi semenjak di gurah, ngajiku merdu kok. (dalem hati tapi)

      Hapus

say something....