Discover fascinating and informative short stories on our blog. From historical events to natural world facts, our random stories will captivate you. Read now and expand your knowledge in a fun and enjoyable way!

Kamis, 31 Januari 2013

Cara menulis Surat Pembaca dan Alasan Untuk Membuatnya

Kamis, Januari 31, 2013 Posted by Tito , No comments
Menulis surat pembaca adalah salah satu 'hobi' saya. 
saya bilang Hobi mungkin karena saya lakukan sering sekali, lebih sering dari pada mengisi blog ini.

berawal dari ke'dongkol'an kepada pelayanan, service, ataupun perlakuan sebuah perusahaan yang saya sebagai seorang customernya, saya berpikir untuk mengeluh kepada media. Kekuatan media akan sebuah informasi adalah senjata, apalagi informasi itu menyangkut sisi negatif, orang lebih cepat menerimanya dalam otak mereka daripada informasi positif.

jadi saya menulis surat pembaca, saya tulis secara runut apa yang saya alami, 5w1h, kapan, dimana, siapa, apa dan bagaimana. saya tulis dan keesokannya di muat. tidak berapa lama, saya mendapat telepon dari perusahaan tersebut, membimbing dan mencoba menyelesaikan masalahnya. wow! 
mereka jadi peduli. 

nah, jadi saya akan memberikan beberapa masukkan untuk menulis SP di media. jangan kita ngomel, dongkol sendiri. karena tidak akan ada hasil. komplain langsung ke CS mereka? sama. tidak akan di dengar. berikut tipsnya:

1. Kejadian benar2 terjadi pada Anda. Jangan membuat kejadian fiksi. 
2. Tulis dengan runut kejadian. unsur 5w1h harus terpenuhi, minimal ada apa,kenapa,dan dimana.
3. Jangan menjudge, tidak perlu ada kata atau kalimat-kalimat yang menjustifikasi ke hal negatif, apalagi   ajakan kepada orang lain. ingat kasus UU ITE Prita ? itu terjadi karena Isi tulisannya mengandung unsur justifikasi dan ajakan orang lain untuk tidak menggunakan jasa perusahaan.
4. Tulis dengan bahasa sopan. Isi surat pembaca bukan seperti menulis diary, yang bisa di isi dengan ungkapan kekesalan hati kita. 
5. Lengkapi data2 diri dengan benar. Lampirkan foto kopi KTP alamat dan nama jelas serta Nomor yang dapat di hubungi.
6. Share surat pembaca Anda ke Soc media. setelah di muat.
7. pilih kompas.com detik.com dan okezone. sebagai medianya. bisa salah satu atau semuanya. 
8. sekian.

itu mungkin langkah amannya. unsur diatas terpenuhi silakan tulis dan kirim Surat Pembaca anda, 
Kalau tidak. jangan. kenapa? 


serem kan? konon di tuntut 1 M

hati2 dalam menulis Surat Pembaca.
saya sudah puluhan kali menulis belum kena tuntutat apapun. *Amit-amit*

terakhir saya tulis untuk seorang teman. dan sudah di tanggapi melalui media dan mediasi langsung

ini ada rujukan dari sisi Hukum http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4c19df9f6d392/soal-uu-ite-(menulis-keluhan-melalui-surat-pembaca)
---------------------------------------------------------------------- cut here ----------------------------
Surat Pembaca
TAKSI EXPRESS
Supir Taksi Express Melecehkan Perempuan
RABU, 16 JANUARI 2013 | 10:19 WIB

Pada hari Minggu, 06/01/2013 pukul 16:56 saya mencari taksi untuk saudara saya di ujung jalan daerah Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur. Saya mendapatkan taksi no pintu ESA 9425 dan supir nama Syafrudin. Supir taksi menanyakan "Kemana bu?" Saya jawab, "Masuk gang, Pak." Tapi si supir dengan tidak sopan menjawab : ”Kamu ikut aja, nanti pulang kesini sama saya aja berdua.” Saya kaget. Dan saya jawab "Rumah saya disini, Pak." Lalu dijawab "Ya nggak papa, nanti kita berduaan." Saya tambah kaget dan merasa dilecehkan dan saya jawab dengan sopan, kalau saya sudah menikah.
Tapi supir Syarifudin tadi malah menjawab "Ah,masa udah nikah, belum lho kayaknya. Boong ya?" Saya merasa kesal. Namun saya tidak membawa uang saat itu. Dan posisi rumah tidak terlalu jauh. Jadi saya tetap menggunakan taksi dengan supir Syarifudin untuk mengantar saudara saya.
Saya sudah marah ke supir tadi dan saya bilang akan saya tulis di media. Tapi sang supir malah menantang, "Silakan saja, polisi sekalian." Saya ingin itikad baik dari pihak perusahaan dengan menelepon CS. Tapi tanggapannya juga sama dengan supir tadi sepertinya Express Taxi. Tidak memiliki good service pada customernya. Dan beranggapan penumpang perempuannya bisa bebas diajak-ajak. Hati-hati bagi wanita yang menggunakan Taksi Express!

Agusthina Mayanova Simamora
Jalan Tegalan RT5/4 MATRAMAN PALMERIAM
Jakarta Timur
Tanggapan Surat Pembaca
TAKSI EXPRESS
Supir Taksi Express Melecehkan Perempuan
RABU, 23 JANUARI 2013 | 11:09 WIB

Pertama kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Agusthina Mayanova Simamora atas informasi dan keluhan yang disampaikan melalui surat pembaca di kompas.com dengan judul “Supir Taksi Express Melecehkan Perempuan” pada tanggal 16 Januari 2013. Atas kejadian tersebut, kami dari pihak manajemen Express Group menyampaikan permintaan maaf atas kejadian yang Ibu dan keluarga alami. Kami telah menerima dan menindaklanjuti keluhan Ibu Agusthina dengan memberikan sanksi kepada pengemudi yang bersangkutan dan mengembalikan pengemudi tersebut ke kelas training untuk mengantisipasi agar kejadian ini tidak terulang lagi di kemudian hari. Dapat kami sampaikan pula bahwa kami akan terus berusaha untuk meningkatkan dan memperbaiki layanan kami kepada masyarakat, khususnya para pelanggan setia Express Group. Untuk para pelanggan, melalui surat ini, sekali lagi kami berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dengan menggunakan jasa taksi Express baik yang Regular ataupun Premium. Apabila ada keluhan, silahkan menelpon ke Customer Service kami di nomor (021) 2650 9001 untuk taksi Regular atau melalui email ke customercare@expressgroup.co.id. Semoga kami dapat terus meningkatkan layanan kami, sehingga kenyamanan Anda dalam menggunakan taksi Express pun semakin meningkat. Terima kasih.
Salam Hormat,

Ratna Tanubrata
Taksi Express
Jl. Sukarjo Wiryopranoto No. 11 Maphar, Taman Sari, Jakarta Barat
Jakarta





0 komentar:

Posting Komentar

say something....