Discover fascinating and informative short stories on our blog. From historical events to natural world facts, our random stories will captivate you. Read now and expand your knowledge in a fun and enjoyable way!

Senin, 01 Februari 2010

Support Komik Indonesia

Senin, Februari 01, 2010 Posted by Tito , No comments


kisah petualangan tito, judulnya pun sangat tintin sekali, hanya saja agak dibedakan dikit antara "tito" dan "tintin".
tito tidak seperti tintin, tito adalah seorang karyawan di sebuah kantor yang menyewakan jasa detektif - haris sindicate, dan tito adalah penyelidik mereka. tito juga berjambul , tapi lebih mirip jambul superman dibanding tintin, dan tito tidak mempunyai anjing. jadi profesi kewartawanan tintin tidak serta merta dijadikan role model.
tapi tidak semuanya betul, dalam petualangannya tito selalu ditemani oleh elsa, dan elsa adalah seorang wartawan. tito juga mempunyai seorang rekan aneh, manusia aneh apakah dimuka bumi yang paling karikatural selain seorang profesor pikun?, maka tito pun berkawan dengan profesor hermawan.
lantas kapten haddocknya siapa ? , sang pengarang menampilkan paman haris, sang kolonel yang senang mengutuk dengan sumpah serapah, seperti haddock.
wah menarik sekali.
siapa yang tidak ter-absen ? - bagaimana dengan si kembar thompson? nampaknya sang pengarang menahan kemunculan duo kembar ini, minimal dalam judul pertama ini, tidak ada tokoh yang mereferensi kepada si kembar thompson itu muncul.
bagaimana dengan tokoh antagonis, hmmmm , farel si konglomerat itu mengingatkan kepada siapa ya? ... bukan rastapapoulus, tapi hmm, saya harus membuka dulu komik tintin untuk mencari padanan si farel ini.

oke, setelah pewajahan di sampul depan yang mirip tintin, kemudian gaya gambarnya yang hergeis, dan para tokoh yang di-identikan dengan para karakter di komik tintin, lantas bagaimana dengan ceritanya .... ?
untuk ukuran lokal, berani dibilang, tidaklah begitu mengecewakan !

tito, elsa, dan profesor hermawan kali ini harus memecahkan teka teki peta harta karun warisan dinasti syailendra. komik ini nampaknya digarap tidak sembarangan, minimal ada riset yang menceritakan latar belakang sejarah dinasti syailendra ini lewat penuturan sang ahli sejarah dan arkeologi dari jogjakarta, seorang profesor lagi, profesor dandi.

sebelum larut dalam penyelidikan harta karun di situs candi mojosongo, tito dan elsa harus terlebih dahulu berhadapan dengan farel untuk menyelidiki penipuan pajak atas bea cukai yang dilakukan oleh perusahaan farel, setelah itu, secara kebetulan akhirnya mereka terseret ke dalam petualangan berburu harta karun. karakter antagonis farel, nampaknya akan menjadi karakter lawan abadi dari tito. persis seperti rastapapoulus versus tintin.
penggarapan cerita sendiri juga tidak asal-asalan, ikuti saja perjalanan rombongan tito dari bandara ahmad yani semarang menuju boyolali, yang memang menuruti dari peta asli jawa tengah, demikian juga informasi mengenai situs candi yang menjadi objek pencarian harta karun dalam cerita ini.
seperti juga tintin, oleh sang pengarang, komik ini juga digunakan sebagai media untuk memuat nilai pendidikan dan ilmu sejarah. brillian sekali.
demikian cerita-nya, selanjutnya silakan dicari sendiri. dibandingkan dengan komik tiro mendawa yang maunya indiana jones itu. komik ini menurut saya lebih realistis dan edukatif.

memang dibandingkan dengan herge, garisnya terlalu tegas dan tidak details. herge pernah selalu details dalam panel penel yang memerlukan ketelitian. tapi sekali lagi komik tito ini sama sekali tidak mengecewakan kalau kita melihat ornamen yang menghiasi setiap panel komik ini yang pasti merupakan hasil survey. misal saja bandara ahmad yani, atau situasi di tanjung priok, di jalanan semarang boyolali dan lain lain.
tidak jelek sama sekali untuk ukuran komik indonesia dan tidak memalukan sebagai epigon tintin.

dari sampul-sampul komik yang ditampilkan di sampul belakang, kelihatannya komik ini akan terbit dalam 20 kisah, alias 20 seri. kita akan tersenyum-senyum melihat perwajahan sampul sampul tito ini.
sampul "mustika jaya wijaya" akan langsung mengingatkan kita akan "tintin di tibet". dari "tengger hingga mahameru", persis seperti "hiu-hiu laut merah". "pusaka pembawa petaka" mirip abis dengan "penculikan calculus", dan "kapal hantu ryutokumeru" yang sedang manyelam itu memang mirip sekali dengan "harta karun rackham merah". silakan perpanjang sendiri daftarnya dengan cara menebak dan membandingkan dengan sampul depan komik tintin yang sudah kita hapal di luar kepala itu.

sekali lagi, jangan dulu berpikiran negatif.
memang kita akan yakin sekali bahwa sang pengarang memang secara sadar memilih menjadi tintiners dengan aliran hergeis. entah hanya ingin menarik potensial pasar penggemar komik yang menyukai tintin, atau memang sang pengarang sendiri sangat terpengaruh oleh tintin, tapi lihatlah skema kisah yang bisa kita tebak dari judul judul kisah petualangan tito ini.
"pelangi di bumi brawijaya", "cendrawasih berbulu emas", "pulau para naga" dan lain lain, kisah petualanga yang nampaknya akan mengambil latar belakang daerah geografis nusantara yang harus dan perlu kita puji !.
walau sangat tintin, tapi inilah juga komik indonesia yang perlu kita apresiasi.

siapakah si pengarang?
lihat tim di belakang penerbitan komik ini.
di belakang mereka adalah grup jawa pos. satu konglomerat persurat kabaran di indonesia. grup surat kabar yang merajai jawa timur dengan jawa pos dan seluruh nusantara dengan radar.
cerita asli ditangani oleh ardy k. kita musti puji ardy ini tinggi tinggi sebagai tukang dongeng dan wawasannya.
dan ada studio komik yang juga ikut terlibat "creative comic workshop & studio" dari bumi panyileukan bandung, dengan asep h. ( pasti orang sunda euy !) sebagai juru gambar utama. gambar yang sama sekali tidak jelek, euy !, pun kalau itu menjadi mirip ala tintin sekalipun , alus lah !

dan yang menjadi gebrakan adalah, komik ini terbit dalam dwi bahasa : indonesia dan inggris ! sip !
komik indonesia mana yang pernah terbit dalam bahasa inggris ?
apalagi yang kurang ...?
apa yang kurang? bukan tanpa kekurangan, terus terang saya sangat menyayangkan pemilihan kertas komik ini, kalau saja menggunakan kertas minimal sama dengan tintin indira, maka komik ini akan semakin canggih.
but, dengan demikian komik ini hanya dijual 26.500 saja.

sayang, saya sedang malas menggunakan scanner, kalau tidak saya akan postingkan sampul dan halaman dalamnya, dengan demikian kita sekalian akan bisa menilai, apakah saya salah kalau menyamakan komik ini dengan tintin !

apa sudah ada yang punya komik ini?
apakah anda juga sependapat dengan saya ?

satu koleksi komik indonesia yang patut kita koleksi, apalagi akan terbit menjadi 20 seri.
dengan dukungan jawa pos grup, kita boleh berharap bahwa ke 20 seri ini akan tuntas terlampiaskan, dan kita akan punya tintin indonesia , tito namanya !
hidup euy !

kopas abis dari: ahmadzeni:@ http://www.pragatcomic.com/forum/index.php?topic=369.0;wap2

0 komentar:

Posting Komentar

say something....